Layakkah tahta ini diserahkan kepadamu..??!

Pertanyaan di atas patut lah dilontarkan kepada All New CBR 150R. Motor yang berslogan Live to Race ini hadir sebagai penerus tahta generasi Baby-CBR yang sudah berkuasa mulai tahun 2003. Apakah benar motor ini begitu istimewa sehingga layak untuk mengambil alih tahta motor premium 150cc honda dari Si Samir?

Mahkota Sang Raja

Semoga artikel sederhana MD ini akan sedikit bisa memberikan penilaian mas bro semua akan motor DOHC premium honda terbaru ini.

Bertepatan dengan adanya Test Ride All New CBR 150R, MD berkesempatan untuk mencoba secara langsung motor DOHC premium ini selama beberapa lap dan membandingkan sensasinya dengan si Samir. Pada artikel ini akan sedikit MD jelaskan sekelumit tentang perbedaan si Samir dengan Cibie baru dari segi penampilan, riding feels n performa mesin.

Penampilan

Menurut penjelasan dari Head Mechanic MPM Motor pada sesi perkenalan, desain All New CBR 150R ini adalah hasil kawin silang antara Raja Sirkuit CBR 1000RR Fireblade dengan Juara Touring VFR 1200. IMHO, Desain fairing samping dan tangki dr Cibie ini mengambil dr CBR 1000R Fireblade. Sedangkan desain head lamp mengambil dari VFR 1200, untuk tail-light sendiri merupakan perpaduan antara kedua motor CBU premium tersebut, cmiiw.

Fireblade

VFR 1200

Pemilihan muffler menurut MD yang agak janggal mempertegas kesan sport-touring. Imho, muffler utk motor sport biasanya akan cenderung ramping dan panjang mengikuti kontur bodi motor agar tidak terkena aspal saat cornering, cmiiw. Terbukti kemarin saat test ride, MD melihat bagian muffler dr Cibie baru ini penuh dengan goresan terkena aspal sirkuit. Pemilihan decals pada fairing bermotif simple tribal seakan bisa membuat motor ini berkata “aku sangatlah cepat jadi jangan macam2 denganku”.👿

Decals

Ketika pertama kali duduk di atas Cibie baru ini, MD seperti tersihir merasakan auranya. Jika dilikat dari sudut pandang rider, maka desain Cibie baru ini terlihat begitu eksotis dengan tangki yang “punel” (besar tp padat):mrgreen:

Akan tetapi MD sedikit kecewa dengan pemilihan headlamp yang mengadopsi desain VFR 1200 ini, karena sepengatahuan MD semua jenis generasi CBR mempunyai desain 2 headlamp terpisah yang menghiasi “wajah” motor, cmiiw. Imho, Pemilihan desain headlamp ini sedikit menghilangkan aura gen CBR yang sudah sekian lama melanglangbuana di seantero jagat.

Mata Bhelok

Riding Feels

Desain sport-touring yang diaplikasikan pada Cibie baru ini begitu terasa ketika pertama kali duduk di atas jok. Posisi duduk yang sedikit menunduk akan tetapi tetap bersahabat di punggung dan nyaman ketika dipakai touring jarak jauh. Hal ini diperkuat dengan pemilihan desain jok yang lebar dan empuk, cmiiw.

Ergonomi (pict. from tmcblog)

Berbeda dengan si Samir yang merupakan pure-sport, dimana tubuh akan dipaksa untuk menunduk ditambah lagi dengan pemilihan jok depan yang “minimalis”. MD tidak bermaksud mengatakan jika CBR lama tidak nyaman dipakai, namun diperlukan stamina dan endurance lebih ketika memakai CBR lama touring jarak jauh.

Old vs New

Dengan tinggi tubuh MD yang sekitar 165cm, untuk menapak ke aspal tidak begitu susah. Hal ini sangat menguntungkan karena rata2 tinggi orang indonesia sekitar 165cm. Memasuki race-track, lap pertama MD lalui dengan pelan untuk merasakan handling dan sensasi berkendara untuk daily-use dan pengenalan sirkuit. Meskipun desain tangki yang lumayan gambot, tapi kaki terasa pas dan nyaman begitu nempel di tangki. Baru di lap berikutnya MD mencoba utk merasakan sensasi balap di Cibie baru ini. Hasilnya, motor ini sangat lincah tetapi tetap stabil ketika melibas tiap tikungan. Setelah rangkaian acara meet and greet serta testride berakhir, MD meminta ijin utk mengetes kembali Cibie ini di sirkuit. Setelah lebih kurang 10lap menggunakan si Samir dan dilanjut 8lap menggunakan Cibie baru, ada satu hal yang “aneh” menurut MD.

Pict from Dapurpacu

Ketika menggunakan si Samir, melibas tikungan terasa agak berat dan sedikit kaku akan tetapi ketika menggunakan Cibie baru ini MD merasakan sensasi mengendarai yg ringan dan lincah. Padahal menurut data teknis yg MD peroleh dari mbah google, Cibie baru ini lebih berat lebih kurang 23kg dibandingkan dengan Samir, cmiiw.

Performa Mesin

Test Ride

Saat tombol starter ditekan, mesin DOHC 150cc itu pun menyala dengan sangat halusnya. MD sempat menundukkan badan hanya untuk mendengarkan suara mesin dari Cibie baru yang begitu halus dan minim getaran. Salut kepada tim mekanik honda yang telah menciptakan motor yang bisa memuntahkan power 19,5hp@10.500 rpm tetapi tetap begitu halus dan minim getaran. Hal ini sangatlah pas jika dipakai mas bro semua untuk touring jarak jauh apalagi hanya sekedar berkendara di dalam kota.

Sesaat setelah berakhirnya rangkaian acara test ride, MD mencoba si Samir turun ke sirkuit selama 10lap. Impresi yg MD dapatkan adalah adanya kesan “liar” ketika melahap beberapa lap dengan si Samir. Power yg dikeluarkan Samir begitu terasa dan puncaknya ketika di trek lurus si Samir mampu mencapai top speed 115kpj. Kesan berbeda MD dapatkan ketika mencoba Cibie baru, motor ini tetap halus bahkan ketika MD siksa di RPM tinggi. Memasuki tikungan demi tikungan motor ini MD geber di RPM tinggi karena torsi maksimal 17Nm keluar di kisaran 8500rpm. Dalam kondisi standar, motor ini mampu melesat sampai 105kpj pada trek lurus sirkuit kenjeran. MD berpendapat hal ini sungguh istimewa mengingat si Samir telah mengalami beberapa modifikasi performance part.

wuzzz.....

Dengan berbagai keunggulan serta kelengkapan fitur yang terdapat pada All New CBR 150 ini, MD berpendapat bahwa motor ini memang layak dibanderol 33 juta (OTR Jakarta). Jika mas bro adalah seorang speedfreak, maka dengan upgrade beberapa performance parts motor DOHC premium ini akan menjadikan mas bro sebagai yang terdepan.

Semoga sedikit ulasan dari MD ini bisa berguna bagi mas bro semua..

Indahnya berbagi….

29 thoughts on “Layakkah tahta ini diserahkan kepadamu..??!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s