Satu Nyawa di Singapura = 136 Nyawa di Indonesia!!!

Miris, itulah yang MD rasakan ketika sedang browsing2 di internet dan nyasar di suatu situs porno yang menunjukkan bahwa jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan di singapura pada tahun 2009 yang “hanya” 204!! Bandingkan dengan jumlah korban di Indonesia yang mencapai 19.979 pada tahun 2009.

Pada tabel di atas, terdapat kolom penyebab kecelakaan karena kondisi jalan (Causes Attributed to Road Condition) dimana angka yang disebutkan adalah 0, bisa diartikan bahwa kondisi jalan di Singapura sangat istimewa dan dipastikan tidak ada “danau tengah jalan” atau pohon pisang yang tumbuh di jalan. Ini juga berarti di Singapura sebuah kecelakaan murni disebabkan karena human error.

Pohon Pisang Khas Asli Indonesia

Yang membuat MD lebih miris lagi adalah kenyataan bahwa di Singapura, menurut data yang MD peroleh dari kang Edo Rusyanto, santunan jiwa yang diberikan kepada setiap warganya yang meninggal akibat kecelakaan mencapai 3,4 Milyar sedangkan di Indonesia “hanya” 25 juta rupiah. Ada suatu hal menarik yang menarik, selisih jumlah santunan yang begitu besar antara di Singapura dengan di Indonesia. “Harga” sebuah nyawa di singapura setara dengan 136 nyawa di indonesia.

Data from kang Edo Rusyanto

Tentunya perumpamaan sederhana ini tidak bermaksud untuk merendahkan arti perhatian dari Pemerintah Indonesia dan MD tetap terus berharap agar suatu saat tidak akan pernah lagi ada nyawa melayang di jalan raya. Dengan pemberian santunan sebesar itu, berarti pada tahun 2010 pemerintah melalui Jasa Raharja membayarkan klaim santunan sebesar 220 Trilliun (termasuk santunan luka berat dan ringan) dan pada tahun yang sama pemerintah singapura membayarkan klaim santunan hanya sekitar 4,7 Trilliun (asumsi santunan korban luka sebesar 470 juta).

Bisa dibayangkan jika angka korban kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin, maka dana yang diperuntukkan untuk membayar klaim santunan bisa dialihkan untuk memperbaiki infrastruktur jalan serta pembangunan sarana dan prasarana pendidikan ataupun kesehatan.

safety riding

Oleh karena itu tidak akan pernah bosan MD berpesan kepada mas bro semua agar selalu menjaga keselamatan di jalan dengan segala cara..

Keep safety on the road…

11 thoughts on “Satu Nyawa di Singapura = 136 Nyawa di Indonesia!!!

  1. itu cuma masalah prosentase doank kok bro😀
    Singapura itu monoton, negara cuma seupil ya gampang ngurusnya,,, bandingin ama alam disini yang beraneka ragam dan masyarakat yang susah diatur, makanya saya gak kaget baca keterangan diatas🙄

  2. emang dari pihak2 yg kecelakaan itu berapa sih yg minta santunan jasa raharja??
    yg ada ngeri duluan ditakut2in pak polisi…”dek,ntar ngurusnya di polantas…gini gini gini gini…etc, ntar yg nyetir juga bisa dituntut…dsb” haish.. *pas kasus temen rombongan saya kecelakaan

  3. anda terlalu subyektif menilai angka diatas, apakah anda sudah membuat rasio perbandingan luas wilayah, jumlah penduduk, populasi kendaraan, beserta fasilitas-fasilitas lain antara Indonesia dan Singapura???

  4. Setuju,Artikel yg sngat menarik…,dzini kn yg pny warung hny mmberi suatu gmbran dn bukn pny mksud mmbnding2kan,lanjutkn mzbro.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s