Dan musuh terbesar itu adalah diri sendiri….

Jalan raya adalah ladang pembantaian paling kejam di seluruh dunia. Menurut data yang MD peroleh dari situs resmi BPS, pada tahun 2009 terdapat 62.960 kasus kecelakaan yang mengakibatkan sebanyak 19.979 jiwa melayang sia2 di jalan raya. Itu berarti setiap harinya jalan raya memakan korban sebanyak 55 orang jumlah itu setara dengan 2 orang setiap pada setiap jam.

Laka Lantas

Mayoritas dari korban jalanan itu adalah pengendara motor. Fakta tersebut menggelitik MD untuk mengurut benang merah akan penyebab hal tersebut.

Secara struktur, motor adalah kendaraan roda dua yang mudah sekali kehilangan keseimbangan. Sedikit saja gaya tambahan yang mengenai motor, mulai dari senggolan antar motor sampai dengan benturan dari belakang akan membuat pengendara kehilangan keseimbangan dan akhirnya terjatuh.

motoGP crash

Jika pada mobil pengemudi dilindungi oleh besi bodi mobil tapi pada motor, biker lah yang “melindungi” bodi motor. Tentunya jika ada benturan, biker lah yang akan pertama kali terkena efeknya. Oleh karena sebab itulah, maka mutlak diperlukan penggunaan safety gear seperti helm full face, jaket, arm+knee protector sampai biker boots untuk meminimalisir resiko di jalanan.

Safety First

Terlepas dari struktur motor yang rentan terhadap kecelakaan, motor hanyalah sebuah benda mati yang segalanya tergantung pada sang biker itu sendiri. Mayoritas terjadinya kecelakaan adalah karena faktor human error atau kelalaian biker, entah itu kelalaian korban atau pun sang pelaku.

Pengendalian diri dan emosi adalah kata kunci untuk menjaga keselamatan di jalan raya. Tidak seperti pengemudi mobil yang akan merasakan sejuknya AC, biker kerap akrab dengan panas teriknya matahari dan debu. Pada kondisi seperti ini emosi biker akan lebih mudah terpancing oleh gangguan sekecil apa pun. Entah itu hanya sekedar klakson pengendara lain sampai dengan 4L4Y srunthulan yang semakin marak.

Ugal-ugalan di jalan

Tidak ada alasan apa pun untuk berbuat ugal-ugalan yang bisa membahayakan diri sendiri terlebih orang lain. Apabila ada orang lain yang bersikap ugal-ugalan, tahanlah emosi mas bro semua dan jangan ikut2an “gila” seperti orang itu. Jika mas bro terpancing dengan tingkah ugal2an orang tersebut, maka hanya akan menambah jumlah orang ugal2an di jalan raya. Perilaku ugal2an di jalan raya menandakan ketidakmatangan emosi dan kepribadian seseorang.

Marilah kita mulai dengan mengendalikan emosi diri sendiri serta tidak mudah terpancing godaan apa pun di jalan. Selalu ingat bahwa keluarga sudah menunggu di rumah..

safety riding

Keep safety on the road…

6 thoughts on “Dan musuh terbesar itu adalah diri sendiri….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s