Saat malam mulai menjelang…..

Dengan tidak mengesampingkan fakta bahwa mayoritas masyarakat Indonesia disibukkan dgn segala aktifitas mulai pagi sampai sore hari. Ada beberapa orang yang lebih memilih aktifitas pada malam hari, disamping dirasa lebih menyenangkan tentunya cuaca akan lebih bersahabat. Akan tetapi pada malam hari, resiko berkendara akan lebih besar terlebih lagi jika mengendarai sebuah motor.

Night Riding

Menurut berbagai macam studi, penyebab utama kecelakaan pada malam hari adalah ketidakmampuan seorang pengendara melihat kehadiran pengendara lain.

Pada artikel ini akan MD sampaikan beberapa tips agar Night Riding bisa lebih aman dan nyaman tentunya.

Pertama kita mulai dari diri kita sendiri.

Kombinasi jaket hitam dan celana jins gelap mungkin terlihat keren pada siang hari tapi jika mas bro pakai pada malam hari, maka akan membaur seperti bunglon. Pemakaian jaket dengan warna cerah adalah pemilihan yang tepat, terlebih lagi jika jaket mas bro dilengkapi dgn bagian yang bisa berpendar jika terkena cahaya. Selain di jaket, penambahan striping dgn bahan berpendar di bodi dan velg akan menambah kemungkinan terlihat oleh pengendara lain.

Aman dan Nyaman

Jika pada siang hari, pemilihan helm dgn kaca pelangi adalah pilihan tepat untuk menghindari silau akibat matahari maka pada malam hari mas bro hendaknya mengganti helm dengan kaca putih atau bening. Penggunaan kaca pelangi akan mengurangi tingkat visibilitas sampai dengan 30 persen.

Beralih ke motor mas bro semua. Penggunaan lampu yang terang bisa menjadi solusi supaya bisa melihat dgn lebih jelas. Penggunaan lampu yang terang mutlak diperlukan pada saat malam hari terutama pada jalan yang minim lampu PJU.

Ada baiknya mas bro mengecek terlebih dulu nyala atau tidaknya lampu motor sebelum berangkat bepergian. Pastikan juga lampu sein dan rem belakang tetap menyala untuk menghindari tabrakan belakang.

Akan tetapi penggunaan lampu di motor jangan sampai mengganggu pengendara lain. Pengaturan ketinggian lampu utama harus sedemikian rupa sehingga tidak membuat pengendara lain silau. Selain itu, hendaknya mas bro menghindari modif lampu belakang motor dengan kaca transparan. MD tidak segan untuk mengingatkan pengendara motor dengan kaca rem belakang transparan karena MD sangat terganggu (kecuali pengendaranya berbadan besar atau cewek cantik:mrgreen: )

Lampu belakang transparan

Setelah memastikan kalo kita bisa melihat dan terlihat dengan jelas, sangatlah penting jika mas bro berkendara pada kecepatan sedang dan meningkatkan kewaspadaan agar bisa menghindari gangguan2 di jalan. Tentunya mas bro semua pernah dikejutkan dengan lubang yang tak tampak, kucing yang tiba2 nyelonong atau bahkan mbak kunti yang menyeberang jalan👿 .

Penampakan

Apabila mas bro berkendara jarak jauh, ada baiknya jika mas bro mampir di warung kopi untuk beristirahat menghilangkan ngantuk atau sekedar melepas penat. Apalagi jika sang empunya warung kopi bs jadi tombo ngantuk:mrgreen: .

Semoga sedikit tips MD ini bisa bermanfaat bagi mas bro semua, keep safety on the road..

Indahnya berbagi…

14 thoughts on “Saat malam mulai menjelang…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s